Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 Januari 2015

MENGENAL LEBIH JAUH " TARI REMO "

TARI REMO 

Tari remo merupakan salah satu tari tradisional yang berasal asli dari jawa timur yang menggambarkan perjuangan seorang pangeran yang berjuang di medan pertempuran. Untuk menari tari Remo ini dibutuhkan kemaskulinan karena pada umumnya tari remo dibawakan oleh penari lelaki. Pada awalnya, seni tari Remo adalah tari yang digunakan untuk dalam pertunjukan ludruk. Namun seiring waktu, tari Remo menjadi tari pembuka ludruk, lalu menjadi tari penyambut tamu, pada khususnya tamu penting.

Dikenal dengan tarian yang sangat gagah. berani . tanpa batas kekesalan . sekarang ini tidak hanya dibawakan oleh para penari laki-laki melainkan penari perempuan juga bisa menarikannya dengan sesuka hati . di dalam tari remo banyak ciri-ciri yang khas dalam tarian ini mulai dari pembawaannya , Make-up / rias wajahnya , dan juga tipe-tipe tari remo tidak hanya satu , melainkan banyak tipe - tipe tarian remo lainnya. 

Kebetulan saya RENDI JAYA RISWANTO , Juga salah satu dari penari remo "GAGRAG ANYAR " . saya sangat bangga dengan adanya kebudayaan ini , saya menarikannya dengan sesuka hati . tari remo juga di iringi oleh musik yang sangat khas  Musik yang mengiringi Tari Remo ini adalah gamelan, yang biasanya terdiri atas bonang barung/babok, bonang penerus, saron, gambang, gender, slentem siter, seruling, kethuk, kenong, kempul, dan gong. Adapun jenis irama yang sering dibawakan untuk mengiringi Tari Remo adalah Jula-Juli dan Tropongan, namun dapat pula berupa gending Walangkekek, Gedok Rancak, Krucilan atau gending-gending kreasi baru. Dalam pertunjukan ludruk, penari biasanya menyelakan sebuah lagu di tengah-tengah tariannya.

Saya mempunyai beberapa foto pribadi saya dalam menarikan tari remo , mulai dari jenjang SD hingga SMP saat ini  : 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar