Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 29 Januari 2015

MISTERI DIBALIK LAGU " LINGSIR WENGI "

Kabarnya, dulu Lingsir Wengi dijadikan lagu untuk berdzikir di malam hari. Selain itu, lagu ini dipercaya dapat menolak bala seperti santet, malapetaka, penyembuh penyakit, dan mempercepat datangnya jodoh. Namun, seiring berjalannya waktu, lagu Lingsir Wengi justru diartikan sebagai penanda datangnya makhluk halus, seperti kesaksian beberapa orang tadi.Lirik lagu Lingsir Wengi inilah yang disebut-sebut bisa memanggil roh gaib, termasuk kuntilanak. Konon, menurut beberapa orang saksi, saat mereka mendengar lantunan lagu Lingsir Wengi, tiba-tiba muncul sosok seorang nenek berambut panjang terurai dan berwajah pucat, yang sedang berjalan mendekati kita sambil terus menyanyikan lagu tersebut. Selain Lingsir Wengi, ada  juga beberapa tembang atau lagu dalam tradisi Jawa yang membawa aura mistis. Seperti lagu Telutur yang biasanya dilantunkan untuk mengantar jenazah yang akan dikubur dan tembang Dolanan (lagu permainan) yang biasa dipakai untuk ritual permainan magis Jawa seperti jelangkung.

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…

Ojo tangi nggonmu guling…

Awas jo ngetoro…

Aku lagi bang wingo wingo…

Jin setan kang tak utusi…

Dadyo sebarang…





Wojo lelayu sebet…

Menjelang malam, dirimu akan lenyap…

Jangan bangun dari tempat tidurmu…

Awas jangan menampakkan diri…

Aku sedang dalam kemarahan besar…

Jin dan setan yang kuperintah…

Menjadi perantara…

Untuk mencabut nyawamu…


















Dari beberapa sumber dinyatakan bahwa Lagu Lingsir Wengi diciptakan oleh Sunan Kalijaga salah satu tokoh ulama terkenal dengan sebutan WALISONGO yaitu wali diantara wali sembilan yang terkenal dipulau jawa karena mengajarkan kebaikan dengan mengenalkan dan mengajarkan agama islam di tanah jawa. salah satu metode sunan kalijaga dalam mengajarkan adalah dengan lagu dan menerapkan lagu tersebut dalam acara wayang atau perwayangan. hal tersebut disebabkan kegemaran dari masyarakat sekitar yang sangat mencintai kesenian wayang kulit, sehingga dengan cara tersebutlah sunan kalijaga untuk menyampaikan ajaran agama Islam di Indonesia khususnya di pulau jawa saat itu.

Lahirnya Lagu Lingsir Wengi melahirkan beberapa wacana, baik yang positif maupun negatif. wacana positif lagu ini adalah sebuah syair-syair sebagai perenungan dalam hidup, ketabahan dalam menghadapi cobaan baik dari manusia maupun dari jin atau setan. lagu ini juga bermakna sebagai doa untuk menolak bencana dan lagu ini juga bertujuan untuk mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari bencana dan berbagai masalah.

Lalu bagaimana bisa lagu ini diasumsikan sebagai lagu pemanggil setan yaitu KUNTILANAK? jika ditelusuri secara mendalam kemungkinan lagu ini menjadi lagu yang misteri yaitu dari lirik lagu dan nadanya yang begitu seram ketika kita mendengarnya, terlebih jika lagu ini kita dengarkan dan nyanyikan pada malam hari, maka rasa takut itu akan selalu datang seiring Mitos yang berkembang mengenai lagu ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar